Yuk kenalan dengan Honda Verza 150



Posting kali ini ane mau bahas sedikit tentang tunggangan baru ane yang baru dibeli (ehh..salah baru di leasing maklum dana terbatas he.. ) dari dealer motor Honda yang katanya terbesar se Jawa Barat, Daya Adicipta Mustika, ni motor secara bobot ga terlalu berat kayak kebo secara penampilan fisik lumayan lah.. kalo diperhatiin mirip2 megapro lama yang keluaran 2007-2009 perbedaan mencolok ada di lampu depan yang lebih futuristic dengan bermodalkan mesin baru sistem pembakaran PGMFI dengan rangka yang berbeda dengan kakak sepupunya NMP.

buat ngejar kekuatan kuda besi ini diapit dengan dual shockbreaker warna merah membuat tunggangan ane ini ga terlalu keliatan minusnya, tapi masih tetap nyaman kok apalagi dipake buat bawa barang ataupun buat boncengan yang punya badan kekarrrr...bagi agan2 yang lagi nyari sampingan bisa dipake buat ngojek ni motor kayaknya oke juga...


Whell base-nya Verza 150 sedikit lebih panjang 1.318 mm. jangan salah meskipun lebih panjang buat akselerasi serasa lebih enak  karena kalo ditimbang pake kiloan beras, (wuihh..ancur dah...) bobot Verza 150 cuma 129 kg, dibanding kakanya New MegaPro 136 kg. Beda 7 kg bro! 

Di suspensi belakang, Verza 150 sengaja mengusung dua sokbraker tujuannya lebih ke arah kekuatan. Untuk motor yang salah satu peruntukannya digunakan sebagai kendaraan niaga, sokbraker belakang harus kuat menahan beban berat.  swing arm-nya punya ukuran sedikit lebih kecil ketimbang New MegaPro. Pipa kotaknya punya tinggi 55 mm dan lebar 25 mm, sedang New MegaPro tinggi 60 mm dan lebar 30 mm. Sedang tebal platnya diyakini tidak jauh berbeda.


Posisi baut penyetel rantainya juga berbeda dari New Mega Pro. Verza 150 konstruksinya agak keluar sedikit, tidak benar-benar di tengah. Dan satu lagi, kalau diperhatikan, posisi gear Verza 150 lebih keluar ketimbang New MegaPro.Lanjut ke depan, suspensinya punya diameter yang sama seperti New MegaPro. Begitu juga dengan peleknya, yang depan sama tapi yang belakang berbeda, cuman dibelakang beda beda lumayan tipis... masih pake tromol. ukuran bannya, 100/90-17 di belakang dan 80/100-17 di depan. buat yang kaya ane pake casting wheel (CW), kedua bannya udah tubeless sedangkan yang SW masih pake pelek jari2.

Buat dipake touring atau perjalanan jauh ni motor kayaknya lumayan enak slnya posisi duduk pengemudi berada pada palang sejajar jadi badan ga terlalu membungkuk termasuk yang dibonceng posisi duduknya lurus karena jok belakang emang didesain agak landai. ketika mestarter terasa sekali aura responsif dari motor ini yang bikin ga tahan pengen diajak meluncur.

Secara keseluruhan dengan harga bandrol yang mungkin buat sebagian orang yang berduit terkesan "murahan" karena memang diperuntukan buat yang baru memiliki motor sport atau yang sebelumnya masih nunggang bebek tapi menurut ane dengan segala kelebihan dan kekurangannya cukup  cukup cukup  memuaskan karena  ternyata banyak fitur2 canggih yang sang kreator sematkan pada mesin verza 150 yang ga ada di New Megapro ataupun CB150R. yah.. lumayan dengan rogoh kocek 16jt ann udh dapet motor sport sekaliber Honda yang memang udah ramah ditelinga konsumen indonesia.

ni penampakan lainnya :








Comments

Post a Comment

Popular Posts