Pecah Warna Dengan Adobe Photoshop

Pecah Warna Dengan Adobe Photoshop 

Untuk Pembuatan Film Separasi Memisahkan warna dengan photoshop menggunakan adalah cara yang paling mudah, cara ini dengan memanfaatkan fasilitas color channel yang sudah terintegrasi dengan software Adobe photoshop dengan pilihan mode CMYK. Metode ini biasa digunakan untuk sablon berbagai keperluan pencetakan khususnya untuk media sablon. Pewarna yang digunakan hanya 4 warna yaitu CMYK, tapi perpaduannya akan menghasilkan warna yang mirip dengan warna aslinya. Biar ga panjang lebar inilah caranya :

1. Buka file gambar JPG yang akan dipisah warnanya, misalnya gambar foto. Sebaiknya menggunakan gambar yang besar ukuran pixelnya, dlam hal ini sy mengambil foto sebagai berikut :

2. Melalui menu image – image size, buat resolusinya menjadi minimal 300 dpi agar hasil foto lebih bagus.

3. Ubah mode-nya menjadi CYMK melalui menu image – mode.

4. Pada menu window, tick mark pilihan channel supaya aktif. Setelah window channel aktif, pilih tab    channel. Lalu klik tanda segitiga pada pojok kiri atas, pilih split channel.

5. Akan terbentuk 4 dokumen baru, yang masing-masing mewakili tiap channel CMYK.

6. Ubah mode tiap dokumen tersebut menjadi bitmap melalui menu image – mode. Pilih resolusi outputnya 300, methode halftone screen. Kemudian (khusus untuk sablon kaos), isi frequency dengan angka antara 25-45 dan shape pilih diamond atau ellipse untuk semua dokumen. Sedangkan pengisian anglenya untuk C 15, M 45, Y 75, K 75. 7.  Contoh hasilnya pada gambar di bawah ini :
Cyan
Black
Magenta





Yellow










8. Proses selesai, tinggal dicetak dengan printer laser atau dibuatkan filmnya untuk pembuatan screen.

Are You Ready.. Selamat mencoba !

Comments

  1. gan ini cetak dasarnya di kaos putih.. nah kalo di kaos hitam gemana nih caranya..???

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts